Tuesday, July 30, 2013

Belajar Pemograman


Akhirnya setelah lama tidak aktif dalam mengupdate blog , saya mencoba kembali untuk menulis coretan kecil tentang hal yang saya kurang pahami sewaktu kuliah dulu yaitu "pemograman" , hehehe. Namun entah mengapa takdir yang membawa saya untuk menjadi programmer disebuah perusahaan manufaktur di Bandung. Namun yang dibahas saat ini bukanlah bahasa program yang setiap hari saya gunakan untuk bekerja, karena program tersebut sudah melewati masa-masa jayanya, melainkan bahasa pemograman yang sangat menarik menurut saya yaitu bahasa Ruby. Jadi kita mulai saja dengan mencoba beberapa sampel program sederhana berikut agar lebih "to the point" , namun sebagai catatan "to the point" amat jarang berlaku pada dunia kerja programmer menurut saya karena kita harus menentukan alur dan merancang sistem serta relasi database nya agar gak pada komplain user-usernya, hehehe .
print( 'Asupkan Ngaran Anda: ' )
name = gets()
puts( "Hai #{name}, Selamat Berbuka" )
Maka hasilnya sebagai berikut.
Asupkan Ngaran Anda: Ramsey
Hai Ramsey, Selamat Berbuka
Kira-kira seperti itulah perkenalan dengan bahasa ini, kalau boleh saya berpendapat(kalau enggak jg ga pa2) bahasa ini sangat simpel, dan sangat dinamis, mirip dengan bahasa pemograman yang sering saya gunakan, tapi sangat bertolak belakang dengan bahasa Java yang sangat disiplin dalam deklarasi setiap variabel dan fungsinya.  
Berikut contoh yang lebih Objek Oriented  mengutip dari buku "The Book Of Ruby
class Thing
def set_name(aName)
@name = aName
end
def get_name
return @name
end
end

class Treasure
def initialize(aName,aDescription)
@name = aName
@description= aDescription
end

def to_s # override default to_s method
"The #{@name} Treasure is #{@description}\n"
end
end

thing1 = Thing.new
thing1.set_name("A lovely Thing")
puts thing1.get_name

t1 = Treasure.new("Sword", "an Elvish weapon forged of gold")
t2 = Treasure.new("Ring", "a magic ring of great power")
puts t1.to_s
puts t2.to_s
# Inspect method
puts "Inspecting 1st treasure: #{t1.inspect}"


Contoh diatas merupakan perkenalan objek yaitu class dimana metode merupakan bentuk kecil dan variable menjadi objek terkecil. Dari sini diharapkan kita sudah bisa memilah dan memilih bentukan class yang diharapkan agar tdk dideklarasi berulang-ulang. Dan hasilnya contoh program diatas adalah : 
A lovely Thing
The Sword Treasure is an Elvish weapon forged of gold
The Ring Treasure is a magic ring of great power
Inspecting 1st treasure:#(Treasure:0x20cde58 @name="Sword", @description="an Elvish weapon forged of gold")
 
Nah sekian untuk pengenalannya, untuk tipe data, sifat-sifat yang berkaitan dengan objek lainnya, class hirarki, atribute dan class variabel serta dll, mungkin jk ada kesempatan akan saya coba tulis semampu saya. Dan jika ada kekurangan atau kesalahan dalam penjabaran mohon dimaafkan ya, hehehe