Tuesday, June 7, 2011

LG Optimus One (P500) Custom ROM

LG Optimus One(P500) merupakan produk LG untuk kategori smartphone dengan sistem operasi Android, termasuk jenis menengah dengan spesifikasi standar , yaitu prosesor 600 Mhz , 512 RAM, dan sistem operasi android froyo 2.2. Namun jika kita pertama menggunakannya, terdapat berbagai kejanggalan dalam bermacam aplikasi dan performanya . Jadi karena ketertarikan saya tinggi untuk mencoba menggunakan Custom ROM dari rekan-rekan XDA Developers, dengan harapan mengeluarkan potensi sesungguhnya ( bahasa om irfan(bibit)'unlock true performance'). Maka dari itu saya mencoba merangkum custom ROM yang telah pernah saya coba secara singkat dan pribadi (karena menurut penilaian saya).



1. Devoid Franco dengan Franco Kernel
Cukup dua kata " Luar Biasa " , developer yang satu ini terus memperbaiki segala kekurangan yang ada, baik dari segi performa dan efisiensi dalam segi ketahanan penggunaan batre, untuk lebih detil nya bisa dibuka disitus xda-developer. Tapi yang jelas penggunaan jadi lebih hemat batre, terdapat banyak pilihan govenor untuk OC prosesor, serta lebih nyaman diantara custom ROM 2.2 yang lain.

2. Nessy Hypnos2 dengan Franco Kernel
Merupakan custom Rom 2.2.2 dengan kombinasi yang luar biasa, jadi custom ROM buatan dockmatt sudah sangat nyaman dari segi penggunaan digabungkan dengan kernel dari franco yang mendekati sempurna untuk pemakaian sehari-hari.

3. GB 2.3.4 CM7 Andy572
Merupakan custom ROM untuk versi gingerbread dari CM7 dengan score dan performa luar biasa di neocore maupun quadrant test. Berbeda tipis dari CM7 mik, namun score disini tidak mutlak alias dalam kenyataan standar fps dan kemampuan 3D sama dengan 2.2 , namun untuk penggunaan normal serta respon, gingerbread memang lebih baik. Sayang masih begitu banyak bug dan kekurangan fitur yang seharusnya bisa seperti bluetooth, fm radio lalu video divx yang seharusnya berjalan lancar.

Jadi dari berbagai banyak pilihan custom ROM, untuk versi 2.2 , 2.2.2 , ataupun roti jahe (2.3.3/4) saya memilih 3 pilihan ini untuk custom ROM terbaik saat ini (Juni 2011. Dan untuk sekarang saya masih menggunakan Nessy Hypnos2 dengan franco kernel v15, kemampuan nya sangat jauh berbeda denga stock ROM atau ROM bawa'an pertama dari LG.

Sumber: XDA-Developers ,berdasarkan pengalaman pribadi